Awal Mula Lahir Musik Indie

Saat ini, indie-rock, indie-folk, indie-dance, indie-hip-hop dan bahkan indie-klasik ialah istilah awam yang dipergunakan buat mendeskripsikan cabang aliran yg berkembang yang pernah dianggap menjadi “indie”.

Kata ini asal asal “independen” – yg mengatakan label rekaman beroperasi secara independen dari komersial, perusahaan rekaman arus primer. Label rekaman independen semacam itu sudah terdapat jauh sebelum label ikonik musik era pasca-punk Inggris, mirip Rough Trade and Creation.

Sun Records milik game slot Sam Phillips dan Motown milik Berry Gordy merupakan label independen di 1950-an dan 60-an; pendiri auteurist ini acapkali merogoh tugas AdanR, manajerial, teknik serta produksi dan mengawasi proses manufaktur serta distribusi.

Akan tetapi country dan blues Slot Gacor Hari Ini Sun Records (Johnny Cash, B.B. King) serta soul canon Motown (Smokey Robinson, The Jackson lima) tidak pernah digambarkan sebagai indie. serta itu sebab, secara estetis, musik indie sudah berevolusi sebagai lebih berasal sekadar asosiasi menggunakan label rekaman independen.

Indie sebagai deskriptor aliran musik yg dipengaruhi timbul asal musik post-punk, gelombang baru, dan “cara lain ” yg dirilis pada label independen Inggris akhir tahun 1970-an.

Factory Records Tony Wilson, Daniel Miller’s Mute, Chris Parry’s Fiction serta, mungkin yang paling terkenal, Geoff Travis’s Rough Trade semuanya didirikan di tahun 1978. semenjak awal, estetika musik indie sulit dijabarkan; intensitas gelap, berat, ritme-sentris Unknown Pleasures (Factory, 1979) berasal Joy Division ialah dunia musik yg jauh asal elektronik-pop yang sarat synth dan optimis yg tersaji pada album debut Depeche Mode, Speak & Spell (Mute, 1981).

Pada pertengahan 1980-an, band Manchester The Smiths (Rough Trade) tiba buat mencontohkan indie baik secara musik juga budaya. beserta-sama, lirik observasional, pengalaman, dan sosio-politik penyanyi primer Morrissey yang disampaikan pada monolog puitis serta datar pada atas gitar Johnny Marr yg bergemerincing, multi-tekstur, tak jarang tremolo serta gema adalah penangkal resonansi budaya yang otentik untuk dangkal, utama- label diproduksi pop.

Album The Smiths Meat is Murder (Rough Trade, 1984) serta The Queen is Dead (Rough Trade, 1986) intinya ialah rekaman indie – tolok ukur dalam bunyi, gaya, serta signifikansi sosial budaya yang lebih luas.

Meskipun poly musik dance, electronica, metal, dan country dirilis pada label independen dari tahun 1980-an serta seterusnya, indie sudah tiba buat membangkitkan musik non-komersial, musik yg dipimpin lagu, dan berorientasi gitar yang merangkul estetika DIY.

Ini secara tekstur lebih ringan daripada rock klasik, tak jarang menampilkan lirik yg sungguh-sungguh, emosional serta realis – pesimistis – menggunakan referensi sosio-politik dan seni yang kuat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.